Tutorial Buat Akun Indopremier

Sabtu, Maret 25, 2017




Ketika sebelumnya gua membagikan review hasil reksadana yang gua miliki, banyak juga orang yang penasaran bagaimana cara mengikuti gua. Serasa jadi public figure gitu yaaa. HAHA!

Kalau kalian tertarik dan kepincut dengan tulisan yang satu itu, gua akan berbahagia menyambut

"SELAMAT! Kamu satu langkah lebih maju daripada yang lain. Karena kamu telah memikirkan tentang masa depan. 
(atau setidaknya, mencoba memikirkan masa depan)"

Kalimat di atas juga berlaku pada gua. Jadi, silahkan tepuk tangan yang meriah untuk saya. Plok plok plok. Kita (ceilah kitaaa) sudah satu langkah lebih maju daripada orang-orang yang masih belum melek tentang keuangan pribadi mereka. Kita sedang mengatur masa depan agar menjadi lebih baik. Dan kita akan terus belajar untuk mendapatkan yang terbaik. 


---

Jadi, mulai darimana kita? 

Hmm. . . 

Ada banyak cara membeli reksadana. Kalian bisa membeli reksadana langsung ke bank yang punya manajer investasi misalnya BCA, CIMB Niaga, Panin, Commonwealth, Danamon, dll. (Tidak semua bank menyediakan produk reksadana, saran gua sih jangan datangi bank cabang yang kecil unyil, tapi datangi bank yang cukup gede dan ada layanan prioritasnya. Ataupun kamu bisa juga membeli lewat online melalui bareksa.com, ataupu indopremier.com. 

Gua akan membahas tutorial membeli reksadana dengan Indopremier


---


Perhatian! Semua yang gua tulis di bawah adalah murni pengalaman pribadi. Gua tidak dibayar oleh Indopremier untuk menulis artikel ini. (Walaupun sebenarnya *uhuk* berharap di endorse *uhuk*) Oleh karena itu, bagi kalian yang tertarik dan ingin bergabung, silahkan bergabunglah dengan risiko sendiri. Gua tidak akan bertanggung jawab terhadap segala resiko apapun yang terjadi. 


--

Kalau kamu sudah memiliki akun indopremier, dan ingin tahu cara membeli reksadana, silahkan lompat ke bagian Beli Reksadana.

--


Tentang Indopremier

Dikutip dari situs resmi nya. 
PT Indo Premier Securities (“IndoPremier”) adalah perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di pasar modal yang melayani klien individu maupun korporasi berdasarkan ijin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Pada tahun 2002, founders dari IndoPremier membeli perusahaan efek ini dan dinamakan PT Indo Premier Securities.

Sejak itu, IndoPremier menjadi pioneer dalam berbagai bidang usaha efek di Indonesia. Hingga saat ini, dari sisi pangsa pasar maupun kapitalisasi modal, IndoPremier telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pelaku pasar modal terbesar dengan kapitalisasi modal yang lebih dari Rp 900 miliar per 31 Maret 2015.

--


Hal-hal yang perlu kamu miliki untuk membuka akun di Indopremier :

  1. Copy KTP
  2. Copy NPWP* (opsional)
  3. Copy halaman pertama buku rekening tabungan
  4. Materia 2-4 buah 
  5. Waktu
  6. Jiwa
  7. Raga
  8. Dahaga (biar fokus)



Buka akun baru melalui link berikut: 
https://indopremier.com/ipotmember/register-form.php?page=basic#Step1

Isilah data kalian dengan baik dan benar. Dengan baik dan benar yaaa. Jangan asal-asalan. Jangan juga tulis nama gua sebagai ahli waris kalian. Bisa berabe urusannya nanti.


Ada 5 tahap registrasi yang harus kamu lakukan. Simak dengan benar. Dan sekali lagi, isi dengan jelas tanpa neko-neko. 

Ohya, kalau kamu belum memiliki NPWP, kosongkan saja. Tapi kalau memang punya NPWP yawes di isi lah.

Apabila kamu mengalami kesulitan, adek mah bisa apa indopremier memberikan kemudahan untuk membantu kamu mengisi formulir melalui telepon.  Kamu tinggal memberikan scan KTP dan registrasi interview seperti gambar di bawah. Proses interview via telepon ini akan berlangsung sekitar 15 menit.


Setelah selesai dengan semua proses registrasi, kamu akan mendapatkan email lanjutan berupa Formulir Pembukaan Akun berisi 5 attachments yaitu: 

  • Formulir rekening dana nasabah/investor (RDI) - WAJIB. Sudah di isi otomatis sesuai registrasi online. 
  • Formulir pembukaan rekening indopremier - WAJIB. Sudah di isi otomatis sesuai registrasi online. 
  • Kuesioner profil risiko - WAJIB. Sudah di isi otomatis sesuai registrasi online.
  • Perjanjian pinjam-meminjam dana - OPSIONAL. Tidak perlu di print jika tidak berkeinginan untuk meminjam dana dari Indopremier.
  • Surat pernyataan tidak memiliki NPWP. - OPSIONAL. Tidak perlu di print jika sudah memiliki NPWP dan mencantumkannya saat registrasi online.


Setelah mendapatkan email tersebut, kamu harus mencetak berkas sebanyak satu set (Atau dua set jika kamu ingin menyimpannya juga untuk jaga-jaga) Lalu tanda tangan di setiap halaman, dan menempel materai sesuai instruksi. 

Kamu akan diminta mengirim berkas yang sudah di cetak ke alamat Indopremier. Tetapi kamu juga bisa meminta jasa pick-up dari mereka. (khusus untuk area Jakarta) Gua sendiri memilih untuk memakai jasa pick-up. Kebetulan kantor cabang mereka dekat dengan kantor gua. Sesuai dengan janji, 2 hari setelah telepon, ada kurir yang mengambil berkas gua. Jasa pick-up ini tidak dikenakan biaya apapun. Tapi kalau kalian berkenan, silahkan berikan uang tips ke kurirnya. Apalagi kalau alamat pick-up sampai ke pelosok, pedalaman, perhutaan, waduhhhh.  Jangan pelit kayak gua. #ehketahuansst.

4 hari setelah email pertama dari Indopremier, gua mendapatkan email lanjutan berupa Username, Password, dan Pin Trading Ipot. Ini digunakan untuk login ke website Indopremier. Ingatlah untuk mengganti password dan secure PIN kamu!

Di hari yang sama gua juga mendapatkan email berupa informasi nomor SID dan SRE. 
SID (Single Identification Number) 
SRE (Single 



Lalu dua hari kemudian, gua mendapat email lanjutan lagi berupa nomor Rekening Dana Investor (RDI) dengan bank BCA. Nah, rekening ini yang akan dipakai untuk memasukkan dana ke akun Indopremier kalian. Cara transfer ke RDI sama seperti transfer ke nomor rekening biasa. Tidak ada perubahan

Apabila kalian telah mendapatkan RDI, berarti kalian telah sukses memiliki akun indopremier! 

Saatnya belanja reksadana :)





---



Indopremier memiliki beberapa produk keuangan yaitu :

  • IPOTFUND - Khusus reksadana (pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran)
  • IPOTSTOCK - Khusus saham
  • IPOTKU - Khusus reksadana pasar uang
  • IPOTPLAN - Perencanaan keuangan
  • IPOTGO - web investasi terintegrasi
  • IPOTNEWS - web berita seputar investasi

Banyak ye, puyeng juga gua nulisnya haha.

Tapi walaupun produk indopremier banyak, kita hanya memakai satu akun untuk semua produk! Gak perlu repot-repot daftar sana daftar sini deh.

Okey, inilah tutorial membeli reksadana di Indopremier melalui Ipotfund.

Langkah #1 : LOGIN dan LOGIN PIN 

Di Indopremier ada dua tingkat keamanan. Pertama adalah kamu login dengan menggunakan username dan password. Login ini bisa mengakses semua hal yang berbau informatif. Sementara apabila kamu ingin melakukan transaksi, kamu diwajibkan untuk masuk lagi dengan PIN.

login pertama

login kedua
Menurut gua sih, tingkat keamanannya lumayan kece yah. Apalagi kalau kita login PIN, angka yang tampil akan acak setiap waktunya. Kamu bisa lihat dari gambar di atas. Angka pertama dimulai dari 9, padahal kan harusnya 1 ya. Kok bego dia gak ngerti mana yang duluan. #ehkoksalahfokus



LANGKAH #2 : Buka IPOTFUND >> REKSADANA >> LIST REKSADANA

Bisa di akses di https://www.indopremier.com/ipotfund/




Di bagian kiri atas, kalian bisa memilih tipe reksadana apa saja yang ingin dilihat. Gua hanya mencentang Balanced Fund dan Equity Fund. Maka hasil daftar reksadana menjadi lebih sedikit. Kemudian, gua memilih melihat daftar reksadana dari persentase performa NAB (Nilai Aktiva Bersih). Kamu bisa mencoba-coba melihat dari segala macam aspek. Mau mulai riset sendiri juga silahkan banget.

Seputar reksadana :

LAST NAV / NAB adalah harga terakhir Nilai Aktiva Bersih per unit.

 LANGKAH #3 : PILIH REKSADANA >> BACA INFORMASI, SYARAT DAN KETENTUAN

Pilih reksadana yang kamu inginkan. Sesuaikan dengan kantong juga ya. Ada reksadana yang mempunyai minimum investasi mulai dari IDR 100k sampai IDR 1.000k. Ada juga reksadana yang mengenakan biaya pembelian dan biaya menjualan.

Biasakan selalu membaca Summary, Product Info, Company Info, Prospektus, dan Syarat & Ketentuan sebelum memutuskan untuk membeli reksadana. 



LANGKAH #4 : BUY

Setelah selesai memilih reksadana yang kecantol di hati, klik "BUY". Lalu akan muncul syarat dan ketentuan reksadana yang akan kamu beli. Apabila kamu tidak memiliki masalah dengan syarat tersebut, centang "Saya Setuju", klik Add to Basket lalu pilih keranjang dan Checkout.



LANGKAH #5 : TUNGGU KONFIRMASI

Demi kalian #asyique #pencitraan, gua membeli Manulife Saham SMC Plus.

Berdasarkan pengalaman gua sebelumnya, proses pembelian di Indopremier berlangsung sekitar 4 hari kerja.


Ada 4 tahap dalam pembelian di Indopremier. Yaitu 1) Order Received. Dimana order kalian diterima oleh pihak indopremier. 2) Order Processed. Order kalian telah di proses mereka. 3) Temporary NAV. Kalian telah mendapat NAV sementara untuk transaksi yang ada. 4) Order Done. Artinya order sudah selesai di proses dan kalian sudah mendapatkan NAV yang pasti.


LANGKAH #6: LUPAKAN 

Lupakan bahwa kalian pernah 'menyimpan' uang di Indopremier. Terlebih lagi jika kalian tipe orang yang kegatelan. Sedikit-sedikit cek uangnya udah jadi berapa. Sedikit-sedikit cek uangnya minus apa engga ya. Sedikit-sedikit cek ini sedikit-sedikit cek itu. Menurut gua, kalian boleh aja mengecek saldo kalian, tapi jangan over banget. Simpan dan lupakan. Udah. Nanti kalau kebetulan kalian punya keperluan mendesak banget, baru kalian buka dan cairkan. Atau ketika kalian sudah melangkah ke tahapan yang lebih serius dalam relationship sehingga kalian butuh dana nikah. #eaaa. Silahkan, silahkan. Jangan lupa undang saya yach. :D




Yap, itu dia 6 langkah membeli reksadana di Indopremier. Semoga membantu kalian semua.

Kalau kalian masih bingung dan masih ada pertanyaan seputar Indopremier, pastikan kalian tahu harus kemana:


Wisma GKBI 7/F Suite 718, Jl. Jend. Sudirman No. 28, Jakarta 10210 - Indonesia, 
P: +62 (21) 5793-1200




Ohya jika pihak Indopremier berencana mengirimkan bonus karena ketulusan saya mengulas tutorialnya, bisa klik Contact :D Hehehehe

Selamat berinvestasi !

  • Share:

You Might Also Like

0 comments