It's Blogger National Day

Minggu, Oktober 27, 2013

HEHEHE
Gua cuma bisa bilang itu dulu...

Padahal gua orang yang ngeblog (walau gak ekstrim banget nge-update-nya) tapi gua malah gak tahu kalau sebenarnya hari ini merupakan blogger nasional di Indonesia. Kalau bukan karena pesan transmisi dari Alien, gua juga bakalan gak memperhatikan peringatan hari blogger ini. Duh... Hahaha, tapi lantas dibawa santai aja. Gua gak histeris banget, cuma terkejut dan merhatiin diri sendiri kenapa gua gak nyadar gitu. Seharusnya di twitter udah rame tuh, "Happy Blogger Days", tapi nyatanya ... krik krik krik gitu doang. Mungkin karena lingkaran pergaulan gua sendiri cuma ada segelintir blogger saja, sehingga sisanya juga have no idea.

Omong-omong...

Walaupun gua tidak merayakan hari blogger nasional, gua tidak menyia-nyiakan hari itu. Karena gua... am celebrating my friend's birthday party!!

HAPPY BELATED BIRTHDAY CETE!!!
ALWAYS BE THE SMARTEST DRAWER EVER! 
WE LOVE YA!
hehehehe...

Who is she anyway? Of course she is my friend. I met her in tutor place as known as SC. HA! Gua pernah mention cerita gua dengan CT di post gua yang lalu, tentang kokonya dan cici gua yang saling kenal satu sama lain. CT itu orangnya baik dan pintar, baik menggambar ataupun belajar. (hehe) And once again, happy belated birthday girl!

Selain merayakan hari ulang tahun CT, gua juga melakukan kegiatan sosial (walaupun gak sepenuhnya). Sebenarnya kalau gua tidak pergi ke CT's party, gua bisa ikut kegiatan itu dari mulai sampai selesai. Tapi sayangnya, gua ingin ke tempat CT jadi gua cuma bisa ikut di tengah-akhir cerita. 

Nah, kegiatan sosial yang gua maksud adalah kunjungan ke panti asuhan Alwasliyah bersama mentor dan mentee SEALNet! Tuh, satu-satunya kegiatan sekolah yang berkunjung ke panti cuma SEALNet (setahu gua). Walaupun sumbangan yang diberikan tidak semewah dan sebanyak mungkin, tapi kami memberikan kesenangan bagi mereka. Disana kami bermain dan belajar bersama mereka. Para mentor menjadi orang yang mengajari mereka, sementara para mentee menjadi orang yang membimbing mereka. 

Tugas gua sebagai orang yang terlambat datang disana adalah ... membagikan makanan gratis berupa KFC beserta nasinya. Simpel kan? Tapi zomthing gitu. Memang, sewaktu kami survey panti asuhan itu, kami melihat hidup mereka sedikit lebih beruntung dari panti asuhan yang akan kami kunjungi bulan Desember mendatang. Tapi kehidupan yang lebih beruntung tidak berarti mereka benar-benar bahagia kan? Coba lihat saja drama-drama atau novel yang menceritakan anak orang kaya yang hidupnya berantakan. Tuh. Sepotong ayam goreng crunchy dan segenggam nasi setidak-tidaknya dapat memberikan mereka makna ... kalau SEALNet datang bukan tangan kosong. LOL. 

Omong-omong sekedar info, jika kalian yang kebetulan membaca artikel ini dan berniat untuk menyumbangkan dana untuk panti asuhan, kalian bisa ... melihat informasi di http://sealnetmedan.blogspot.com/ atau follow twitter @sealnet_medan. Panti asuhan berikutnya yang akan kami kunjungi adalah panti asuhan Terima Kasih Abadi Jl. Danau Semayang No. 158 Sei Agul (061) 6620556, Medan, Indonesia 2011. 

Selain mengambil dana dari penyumbang, kami juga memiliki alternatif lain. Yaitu fundraising. Untuk mendapat dana sumbangan itulah, kami dari SEALNet mengeluarkan entrepreneurship program. Program tersebut sebenarnya dimulai dari bulan Oktober, tapi karena kesalahan teknis dan semangat mentee (surprisingly), program ini sudah berjalan terhitung sejak tanggal 28 September.

Gua sendiri entah mau bahagia karena di apresiasi atau bereng-bereng karena ada yang memulai sebelum yang lain memulai. Ckckck. Pengen deh nge-sarcasm-in, tapi sayangnya kesalahan ada di pihak kami sendiri. Cih. Itulah apa kata orang, nothing's perfect.

Balik lagi ke topik, program entrepreneurship ini berlangsung selama satu bulan dan dikerjakan oleh para mentee SEALNet. (ceileh tahun lalu gua jadi mentee tuch, sekarang jadi leader / mentor, ciegituch) Walau sasaran customer umumnya berada di dalam sekolah, tapi kami tidak melarang para mentee untuk meningkatkan jangkauan mereka. Dengan kata lain, mereka bebas menjual produk mereka ke semua orang termasuk orang tak dikenal, keluarga, kerabat jauh, dan lain-lain. Asalkan produk yang dijual mengikuti syarat dan ketentuan yang telah kami berikan.

Nah, saat presentasi produk oleh tiap-tiap grup dalam tiap kelas, ada dua grup yang mendapat hadiah bonus. Hadiah ini akan meningkatkan penjualan mereka. Hadiah yang dimaksudkan adalah menampilkan iklan produk di mading sekolah: mading di koridor, mading di blok F, mading di moshi-moshi, dan mading dekat mading OSIS. Dengan adanya iklan yang tampil dimana-dimana, murid-murid bisa bertanya-tanya kenapa bisa ada iklan seperti itu dan akhirnya tertarik membeli produk. Itu tuh yang kita harapkan. Selain iklan dimading, setiap grup diperbolehkan untuk beriklan di TV sekolah. Nah cakep, grup yang menang akan makin kece kelihatannya. Iklan di TV berhak dipakai oleh setiap grup, tapi... bagi grup yang menang pasti feelnya udah beda kan.

Selain iklan, SEALNet juga nantinya akan berkolaborasi dengan SSEC (ekstrakurikuler science dan economy). Dimana saat pergelaran science fair SSEC, SEALNet juga bergabung membuka stand bussiness. Nah, para mentee pun harus bersaing dengan anggota SSEC dalam menarik pembeli dan meningkatkan popularitas penjualan.

Dalam fundraising ini, setiap mentee akan belajar banyak hal. Mereka akan belajar bagaimana memulai bisnis, memasarkan produk, mencari sasaran pembeli, memikat pembeli, menghasilkan produk yang bermutu, meningkatkan kreatifitas, mengatur waktu dengan benar, dan lain-lain. Dalam satu bulan itu, mereka diharapkan akan mendapat pengalaman yang jarang didapat di ekstrakurikuler lain. Setelah satu bulan berakhir, setiap pemimpin grup wajib memberikan report ke presiden SEALNet. Sebagian dari hasil penjualan mereka nantinya akan disumbangkan ke kas SEALNet untuk nantinya dipakai dalam kegiatan SEALNet seperti kunjungan dan sumbangan ke panti asuhan. Grup yang berhasil memiliki untung paling banyak adalah pemenangnya. Tiap anggota beserta mentor yang membimbing mereka akan diberikan sertifikat dari SEALNet. Sertifikat ini akan menjadi nilai lebih saat meng-aply tes beasiswa loh. Hoho

Bahkan setelah program ini siap, para mentee pasti sudah mendapat pelanggan setia sendiri. Gua sendiri yakin bahwa setidaknya satu atau dua orang akan tetap menjual produk mereka. Karena... tahun lalu juga begitu. :)

Anyway, semakin lama gua semakin ngoceh tentang SEALNet nih... Bahkan judulnya aja serasa dikacangin gituh...Hahaha...(lagipula I have nothing to say about it anymore)

I'LL JUST SAY THIS

GOOD LUCK FOR EVERY ENTREPRENEURSHIP MEMBER~~
and
HAPPY BLOGGER NATIONAL DAY!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments