Leave Your Comfort Zone!

Rabu, September 11, 2013

Kamu merasa hidup kamu membosankan?
Keknya rutinitasmu itu-itu ajaaa... Bangun, mandi, makan, sekolah, les, makan, mandi, tidur... Begitu berulang-ulang. 

Kalau begitu... 

"Tinggalkan zona aman kamu!"

Kalau selama ini kamu selalu hidup beraturan, sekarang hiduplah tanpa aturan. #eh Jangan salah mengartikan yah. :D Maksudnya hidup tanpa aturan itu... jalanin hidup kamu tanpa kekangan siapa-siapa. Tapi ya tentu saja, kamu harus bisa mengontrol diri kamu sendiri. 

Kamu bisa memulai keluar dari zona aman kamu dengan... memberi ide-ide apapun yang ada di otak kamu ke orang lain. Kamu bisa mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru atau dosen kamu. Gak semua hal yang kamu jawab harus 100% benar kok. Kamu bisa menambahkan pemikiran kamu di pernyataan yang kamu sampaikan tadi. Dengan catatan, kamu memberi cetusan tersebut di waktu dan tempat yang tepat, serta cetusan itu tidak terlalu mengandung SARA atau tidak terlalu melukai hati seseorang. #ehek #hehehe

Or you could do something different. Kalau kamu orangnya pendiam, jadilah pembacot. Kalau kamu orangnya malu-malu, tinggalkan mukamu. Kalau kamu orangnya gak suka jalan-jalan, keliling se-Indonesia! Hahaha. Ha. 

Once you leave out your comfort zone, people will start to recognize you. Coba bayangin deh, suatu ketika seseorang yang biasanya diem manyun-manyun tiba-tiba banyak cincong bahagia. Pasti orang-orang mulai mikir, "ini anak kreak banget yah?" Mereka pun memberi perhatian lebih ke seseorang itu. Bener kan...? HA!

Yah, walau kedengaran simple yaitu tinggal keluar, tapi sebenarnya susah-susah-gampang ngerjainnya. Kenapa? Yah, contoh kasarnya itu seseorang yang sudah terbiasa jongkok di toilet harus beradaptasi untuk duduk di jamban. [...] Gak semudah itu melepas hal-hal yang sudah sering kamu lakukan. Buktinya aja susah ngelupain mantan kamu. #ehek

Nah, yang kamu perlukan adalah segenap "courage". Keberanian untuk mengubah kebiasaan kamu. Kalau kamu sendiri tidak mau berubah, ngapain capek-capek mencoba berubah? Istilahnya berubah dari dalam dulu baru kulitnya ikut terkelupas. #ehduhapaansih Kamu juga perlu berani mengambil resiko. Kalau akhirnya kamu sendiri cemen gak bisa menerima hasil "out-of-box" kamu, ya ... kasian. Kamu sudah sukses, tapi kemudian kamu menyendiri di dalam kamar sambil garuk-garuk dinding, kamu mikir, "Kok gua bisa sukses yah? Gua gak yakin ini semua benar." Atau ternyata kamu gagal, kemudian kamu menyendiri di tepi danau sambil melempar batu-batu kali, kamu frustasi dan mikir, "Seharusnya gua gak begitu tadi..." 

Terkadang kamu juga harus dipaksa agar berani maju ke depan. Disaat-saat seperti itu, run your brain for a second. If you think it's a good thing to do, then do it. If it's not, then don't. Once you think it's best, yeah just do it. What're you waiting for? Murid-murid disekolah sering sekali tidak berani menjawab pertanyaan guru atau maju kedepan melakukan sesuatu. Oleh karena itu guru mereka akan memaksa mereka dengan memanggil nama mereka. Do you think the teacher is actually punishing them? No. They do it so their student get to learn something. (and also so the teacher will not selling nuts and then go nuts. :]) 

Lalu kamu juga perlu "support". Ini tujuannya untuk mental kamu. Kalau kamu sudah yakin ingin berubah, tapi kemudian semua orang ngeliatin kamu seolah lagi ngeliat orang gila, yaaa akhirnya kamu bisa minder terus mundur deh. Orang-orang cenderung memilih suara mayoritas, dimana itu merupakan zona yang aman. Agak susah mencari seseorang yang bisa menerima orang lain apa adanya. Tapi... jangan bersedih. Walaupun cuma satu orang yang mendukung kamu, asalkan resolusi kamu itu baik, ya gitu-gitu aja. Ada yang ngejek kamu? Hahhaha mikir ini >> "Siapaaa...? Nanya....? Emang itu urusan elo? Penting? OH." 

Bagi yang cowok, meninggalkan arena aman kamu itu gini:
Jangan terus menerus di kamar atau internet kafe buat main online game. Terima ajakan teman-teman kamu untuk hangout di luar. Dengan begitu, muka kamu akan lebih dikenal orang-orang dan tentunya gak dianggap freak/maniac/masochist #eh. (cc:SHJ, dgn sdkt perubahan)

//

Okayyy gua berasa jadi orang pinter. LOL. *LIGHT-OFF*

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Wow,belakangan artikelnya bagus,gak ada curhat curhatan rianya good good :)))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. "OH." Hahhahaa...
      Thankyou peks uda kasi komen :P

      Hapus